Persiapan Membuka Warnet

Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, telah menempatkan internet menjadi layaknya sebuah kebutuhan pokok. Di Indonesia kesadaran masyarakat akan internet sudah berkembang sangat pesat. Terutama bagi mereka para pelajar, mahasiswa, pengajar dan masyarakat umum lainnya. Hal ini dikarenakan sifat berita internet yang global, sehingga kita dapat terkoneksi ke seluruh jaringan di dunia, berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun, mendapatkan pengetahuan atau sesuatu yang kita butuhkan.

Dari uraian diatas dapat dipahami betapa internet telah menjadi kebutuhan yang universal. Ini adalah sinyal yang tepat untuk mencoba membangun sebuah bisnis jasa pengadaan koneksi internet berupa warung internet ( warnet ). Untuk memulai membangun warnet diperlukan suatu perhitungan bisnis yang tepat meliputi lokasi dan dana investasi. Kemudian faktor teknis berupa jenis komputer yang digunakan, koneksi internet, topologi jaringan, software dan system yang digunakan. Selain itu agar operasional warnet dapat berjalan lancar dan memuaskan pelanggan, diperlukan suatu management operasional yang handal yang tanggap akan penyediaan layanan yang prima dan mampu membuat inovasi.

Bagi anda yang telah mantap akan  membangun warnet, berikut penulis uraikan tips dan trik serta salah satu alternative model / proposal pendirian warnet beserta analisis penghitungan Break Event Point (BEP) atau dimana semua modal yang dikeluarkan dapat kembali.

Prosedur
Adapun prosedur dalam mendirikan warnet yaitu tentang perijinan. Yang pertama adalah perijinan usaha, kemudian jika anda mengginakan koneksi internet / ISP berbasis WiFi anda harus mengurus perijinan dalam pendirian tower. Penulis sarankan untuk memulai pertama kali menggunakan ISP dari SPEEDY Telkom sebagai alternative utama. Alasannya mudah dalam instalasi dan hemat biaya.

Koneksi
Ada banyak alternative dalam memilih koneksi internet / ISP yang akan kita gunakan. Antara lain dengan membeli langsung bandwith atau IP dari suatu ISP. Jika disekitar lokasi anda ada warnet, anda dapat membeli bandwidth dari warnet tersebut. Tapi hal itu cukup beresiko dan cukup merepotkan. Yaitu pendirian tower dan jaminan kestabilan bandwidth. Maka penulis menyarankan koneksi internet menggunakan basis modem ADSL yang hanya memerlukan sebuah pesawat telpon, lebih mudah, hemat, dan stabilitas terjamin. Penulis menyarankan Telkom SPEEDY sebagai alternative terbaik

Lokasi
Cari lokasi yang strategis seperti dekat sekolah, kampus, pinggir jalan raya, dan tempat yang ramai atau sering dikunjungi orang. Sebab dengan lokasi yang strategis akan mempermudah promosi, jangkauan, dan tentunya menarik pengunjung. Meskipun biasanya penyewaan lokasi yang strategis akan membutuhkan biaya sewa yang tinggi. Tapi itu lebih baik demi perkembangan warnet. Sebagus apapun fasilitas dan layanan warnet kita, sulit ditemukan dan dijangkau jika tidak bertempat di lokasi yang strategis. Lokasi dekat kampus / sekolah adalah salah satu lokasi yang sangat strategis, sebab disitu ada banyak pelajar / mahasiswa yang tentunya membutuhkan internet untuk kepentingan studynya. Jika nanti warnet sudah berkembang, anda dapat mencoba membuka cabang di daerah ataupun luar daerah yang masih minus internet.

Dana / investasi
Kucuran dana atau investasi dalam bisnis warnet ini adalah hal pertama yang akan menentukan awal arah bisnis anda. Sebenarnya ada banyak alternative dalam mengumpulkan dana atau investasi selain dari modal sendiri seperti pinjaman bank dan investor lain. Jangan terlalu memaksakan untuk mencapai dana tertentu dan terlalu mengandalkan dana yang ada. Sesuaikan dengan rencana, kebutuhan dan analisis pasar yang telah anda tentukan. Semakin banyak dana / modal yang anda miliki semakin banyak pula variasi model warnet yang akan anda dirikan.

Interior dan Eksterior
Buat suasana yang senyaman mungkin, ruangan yang sejuk, privacy user yang terjaga, ada dua alternative yaitu menggunakan meja kursi atau system lesehan. Sekali lagi ini disesuaikan oleh budget yang anda miliki.

Komputer dan aksesoris
Anggarkan sebuah komputer yang mempunyai teknologi terakhir terbaru dan cukup sebagai komputer multimedia. Ini penting sebagai investasi masa depan, terkait dengan umur hardware dan kemudahan upgrade. Tambahkan juga perhiperal tambahan seperti headset, mouse, card reader, Bluetooth, dll. Meskipun nantinya tidak semua aksesoris tadi terpasang di tiap PC klien. Jika dana memungkinkan gunakan monitor LCD. User / pemakai akan betah dengan fasilitas yang lengkap

Layanan Tambahan / fasilitas
Tambahkan layanan tambahan seperti print, copy, scan, burning copy CD / DVD, snack, soft drink, free parking, dll

Personalia dan Manajemen
Carilah operator yang supel, dapat mengoperasikan komputer tentunya, dan mempunyai pengetahuan dalam internet. Sediakan juga seorang technical support, yang nanitnya akan menangani trouble dalam warnetkita.Gunakan program billing yang lengkap dan mempunyai laporan yang komplit. Berilah karyawan anda kesejahteraan dan kenyamanan dalam bekerja, dengan memberi income yang memadai dan waktu istirahat yang cukup

Promosi
Warnet yang kita bangun dapat dikenali dan menarik pengunjung, jika kita melakukan promosi. Titikberatkan pada pelayanan seperti tariff yang bervariasi, diskon, snack atau soft dink gratis
Oleh : A. Thoha Manshur
Content Contest 2008 © beritaNET.com

Posted on 18:23 Hrs,April 4th, 2010 by depalaza

Persiapan untuk membuka warnet. Apakah persiapan itu sulit??? Ternyata tidak, dikarenakan jasa installasi warnet yang membantu kita dalam hal pembuatan sebuah warnet.

  1. Sebuah tempat yang mempunyai akses contoh : Dekat jalanraya utama, Kampus, Dan Rumah-Rumah Warga.
  2. Persiapan Design Interior, Meja Kursi Dan fasilitas interior lainnya.
  3. Penaikan Daya Listrik Sesuai kebutuhan.
  4. Pemasangan ISP.
  5. Contact Kami untuk instalasi warnet di tempat anda.
  6. 1 PC Mengkonsumsi Kurang lebih 350 Watt Jadi Customer bias Kalkulasi sendiri dengan Konsumsi Listrik Yang lainnya (ac, kulkas, DLL).
  7. Untuk perijinan Dan Pajak Usaha Customer Yang Mengurus.
  8. Kontak Kami untuk Melakukan Installasi dalam waktu 7 Hari sesuai gambar.
 

Persiapan Awal Buka Warnet atau Game Online

Untuk membangun warnet dan/atau gamecenter ada beberapa hal yang perlu di persiapkan, baik berhubungan dengan teknis, operasional, ataupun perijinan.

Yang paling pertama harus dipersiapkan adalah menentukan lokasi dan jenis usaha yang akan dibangun. Untuk lokasi , apakah perlu menyewa atau membeli tempat ? atau cukup di rumah ? ini akan menentukan dalam perhitungan kebutuhan modal. Sesudah mendapatkan lokasi yang anda inginkan, kita tentukan jenis usaha apa yang anda ingin bangun ? warnet, gamecenter atau keduanya ? ada beberapa hal yang bisa kita jadikan patokan :

* Apa di lingkungan sekitar kita banyak terdapat sekolah ? apa sekolah tersebut tergolong sekolah elit ,
biasa  ? bila di sekitar tempat usaha ada sekolah, apalagi tergolong sekolah elite , membangun gamecenter
akan memiliki target market yang cukup bagus.
* Apa di lingkungan sekitar kita sebagian besar warga terdiri dari kalangan pegawai dan mahasiswa ? bila
iya, maka prospek usaha warnet akan bagus.
* Apa dilingkungan sekitar kita ada perkuliahan, kost, dan banyak kalangan muda ? bila iya, menggabungkan
gamecenter dan warnet bisa memaksimalkan pendapatan dari usaha kita.

patokan di atas tidak harus selalu di turuti. Ada cara lain untuk menentukan jenis usaha yang anda ingin bangun, yaitu dengan melakukan survey ke daerah sekitar tempat usaha anda mana yang lebih ramai antara warnet dan gamecenter atau malah keduanya memiliki prospek yang bagus ?

terkadang ada juga yang justru menentukan lokasi dan bidang usaha dengan cara sebaliknya dari atas. Kita bisa dari awal menentukan kalau kita akan membangun usaha bidang gamecenter atau warnet, baru kita mencari lokasi yang cocok. Semua tergantung dari anda sendiri.

Sedikit catatan , bila anda masih baru di bidang ini hindari memilih lokasi di dalam mall kecuali anda sangat yakin usaha anda bisa berkembang. Ada beberapa alasan untuk tidak memilih lokasi di dalam mall kecuali anda sudah pengalaman di bidang ini, yaitu masalah biaya sewa, masalah pajak dan juga masalah waktu dimana rata-rata mall tidak buka 24 jam.

Persiapan yang kedua adalah membuat rencana anggaran modal dan perkiraan neraca pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Anggaran modal dan perkiraan neraca ini akan dipengaruhi berbagai faktor seperti biaya sewa gedung, perizinan , dan beberapa hal lain. Untuk tahap kedua ini akan dibahas lebih detail di post tersendiri.

Persiapan yang ketiga adalah masalah perizinan. Disini yang akan dibahas adalah warnet dan gamecenter yang berdiri secara legal oleh karena itu masalah perizinan harus diurus dari awal. Perijinan ini sangat penting untuk yang memiliki tempat usaha di pinggir jalan , ruko komersial sementara untuk yang di lingkungan perumahan bisa saja hanya menggunakan izin tertentu. Masalah perijinan ini akan di bahas di post tersendiri karena sangat kompleks.

Sesudah 3 persiapan tersebut selesai, kita bisa memasuki tahap persiapan pembangunan. Persiapan pembangunan ini dimulai dengan membuat rancangan interior dan tata letak lalu mencari vendor / toko tempat kita akan membeli berbagai kebutuhan untuk gamecenter kita. Secara garis besar, kebutuhan untuk gamecenter dapat di bagi menjadi 2 :

* kebutuhan interior : meja , rak , ac , wallpaper atau cat dan berbagai interior lain
* kebutuhan teknikal : kabel listrik , kabel jaringan, pc, printer, server, tower untuk yang menggunakan akses wireless.

kita perlu membuat list setiap kebutuhan dan menentukan dimana akan membeli barang, siapa yang akan mengerjakan. Setelah itu semua selesai kita harus membuat working plan atau rencana implementasi.

Sesudah selesai semua persiapan, kita akan memasuki tahap pembangunan yang akan di bahas di post tersendiri

==========

PELUANG USAHA WARNET…..

Kamis, 15 April 2010 , Posted by The Brothers.Net at 00.42


Membangun Usaha Warnet yang Kompetitif

membangun-usaha-warnet-kompetitifUsaha warnet sebenarnya cukup mudah untuk didirikan dan dijalankan. Betapa tidak, dengan membeli komputer, misalnya 10 buah, kemudian menginstalnya dengan software, lalu membuat jaringan agar komputer satu dengan yang lainnya terhubung, dan akhirnya mengalirkan koneksi internet ke jaringan tersebut, maka jadilah usaha warnet.

Untuk mengelolanya juga tidak diperlukan orang-orang yang mempunyai skill tinggi dengan gaji yang mahal. Cukup lulusan sma yang mengerti tentang komputer. Mungkin karena mudahnya, banyak orang yang berlomba-lomba mendirikan usaha warnet ini.

Jika kita melewati jalan-jalan besar dan disekitar jalan tersebut terdapat universitas, kos-kosan mahasiswa, atau perumahan padat,maka hampir dipastikan ada usaha warnet yang berdiri disitu. Jumlah dari usaha warnet itu tidak hanya satu, bahkan bisa lebih dari 3 untuk lokasi yang berdekatan.

Walaupun sudah ada tiga usaha atau lebih, tetap saja ada warnet baru yang bermunculan. Mereka bertarung untuk mendapatkan pelanggan yang sama. Selain dari pembuatannya mudah, trend teknologi sebenar juga mempunyai andil besar dalam pembentukan pasar dari usaha warnet. Komunikasi dan informasi tiada batas itulah yang ditawarkan internet.

Menjamurnya usaha warnet membuat persaingan semakin keras. Mereka bertarung tidak hanya dari sisi kenyamanan, spesifikasi komputer, dan kecepatan koneksi internet, bahkan dari sisi harga. Harga diturunkan sampai merusak pasaran untuk memancing pelanggan. Jika kita ingin bertahan, sudah selayaknyalah kita mempunyai keuntungan kompetitif dari warnet yang lain.

Daunnet
Seperti warnet-warnet pada umumnya, daunnet juga menyediakan jasa internetan, chatting, browsing, printing maupun burning. Untuk menjaga pangsa pasarnya, daunnet memberikan keistimewaan bagi konsumennya, antara lain memberikan paketan. Sehingga Daunnet memiliki satu nilai plus di bandingkan dengan warnet yang lainnya.

Satu paketnya terdiri dari 3 jam dengan harga Rp. 5000,00. Paket ini berlaku mulai pukul 18.00 hingga pukul 24.00. Fasilitas lainnya adalah menyediakan up date antivirus gratis yang selalu di up date setiap harinya. Tempatnya nyaman, bersih dan ber AC. Daunnet juga menyediakan berbagai snack dan soft drink bagi para konsumennya.

Memiliki 10 komputer yang beroperasi, Daunnet buka setiap hari, buka mulai jam 08.00 hingga pukul 24.00, terdiri dari 2 shift. Setiap shiftnya berdurasi 8 jam, dikelola oleh 5 operator. Untuk access standar tarif yang dipatok Rp. 3000,- untuk setiap jamnya.

Untuk harga, printing per lembarnya Rp. 600,00 Burning Rp. 2500,00 per 1 keping CD. Harga soft drink berkisar antara Rp. 2.000,- hingga Rp. 2.500,00.

Semua warnet di jogjakarta pastilah menjadi pesaing bagi warnet ini. Akan tetapi jarang ada warnet yang memiliki paketan seperti yang di miliki oleh daunnet sehingga daunnet memiliki satu nilai plus di bandingkan dengan warnet yang lainnya.

Langkah Awal Membangun Warnet
Dalam membuat dan merencanakan usaha warnet, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan utama.

1. Pemilihan lokasi
Lokasi yang umumnya sangat strategis untuk usaha warnet/internet café dekat lokasi sekolah /kampus, atau dekat dengan pusat keramain (tempat nongkrong). Sebagian pihak menyebut bahwa berlokasi dekat dengan kegiatan mahasiswa menguntungkan bagi Warnet. Alternatif pengunjung lain adalah kelompok pekerja. Lokasi sangat penting karena bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan usaha warnet ini.

2. Jumlah komputer
Investasi komputer dalam jumlah banyak adalah faktor penting berikutnya. Selain tingkat utilisasi pemakaian koneksi Internet lebih tinggi, jumlah komputer yang memadai akan menghindarkan pengunjung dari menunggu terlalu lama atau meninggalkan Warnet. Konsekuensi jumlah komputer ini diikuti oleh investasi yang lebih besar untuk ongkos koneksi Internet.

3. Komputer (Hardware & Software)
Untuk komputer (khusus untuk warnet), carilah komputer yang layak namun tidak mahal. Carilah sesuai spesifikasi dan kebutuhan yang pas karena di warnet pasti user yang datang hanya untuk sekedar browsing atau chatting. Untuk software gunakan yang asli.

4. Network / Jaringan
Jaringan yang digunakan menggunakan topogfari jaringan type STAR. Untuk jenis networknya menggunakan jenis LAN (Local Area Network). Beberapa perlatan standar yang dibutuhkan antara lain : HUB atau SWITCH HUB, 1 PC untuk dijadikan router , dan cable network (sebaiknya dibeli 1 rol untuk persiapan/penggantian kabel nantinya) , ethernet card atau sering disebut LAN card dan juga connector (RG 45).

5. Biaya listrik
Biaya listrik per bulan ditentukan oleh kebutuhan listrik dari warnet tersebut. Untuk memperkirakan biaya listrik yang wajar tentu harus di analisa dulu seberapa besar kebutuhan daya listrik. Untuk 10 unit komputer, disarankan adalah minimal 6600 watt. Perkiraan biaya listrik untuk daya sebesar itu biasanya berada di kisaran Rp 900.000 s/d Rp 1.500.000 per bulan.

6. Biaya koneksi per bulan
Pilihan koneksi sangat beragam dan bergantung kepada lebar bandwidth, media koneksi, kualitas dll. Lebih baik untuk menentukan dulu kebutuhan bandwidth anda baru berbicara biaya koneksi. Untuk mengetahui berapa biaya koneksi per bulan dapat dilihat dari situs-situs ISP di Indonesia.

Membangun Warnet yang Kompetitif
Yang menentukan adalah kemampuan manajemen warnet tersebut apakah bisa bertahan menghadapi persaingan. Persaingan di sini harus dilihat secara general. Saingan warnet bukan cuma warnet tetangganya. ISP juga saingan warnet, sebab ada produk-produk layanan mereka yang bersaingan langsung dengan warnet. PC/Notebook murah juga saingan warnet.

Kombinasi antara PC/Notebook murah dan Produk ISP yang murah atau akses Wifi gratis adalah ancaman yang nyata bagi keberadaan Warnet. Karena itu, warnet harus bisa menempatkan target pasar dan pelayanannya dengan tepat jika tidak ingin tersingkir dari persaingan.

Kesuksesan usaha warnet bisa dilihat dari tingkat okupansinya. Yang umum adalah 7 – 9 jam. Di bawah 7 jam maka warnet itu terhitung sepi. Sementara di atas 9 jam warnet tersebut terhitung ramai (sekali).

Jarang sekali ada warnet yang memiliki tingkat okupansi di atas 9 jam. Semakin dikenalnya teknologi internet oleh masyarakat umum, membuka peluang bagi warnet untuk terus berkembang.

Simulasi Laba Usaha Warnet 1 Bulan :

Pemasukan
Sewa Internet : Rp. 9.000.000,00
Softdrink & Snack : Rp. 300.000,00
Total : Rp. 9.300.000,00

Pengeluaran
Bandwith : Rp. 1.700.000,00
Listrik : Rp. 800.000,00
Maintenance : Rp. 1.000.000,00
Gaji Operator : Rp. 1.500.000,00
Lain-lain : Rp. 200.000,00
Total : Rp. 5.700.000,00

Keuntungan
Laba Bersih : Rp. 9.300.000,00 – Rp. 5.700.000,00 = Rp. 4.100.000,00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s