INTERNET LESSON’S

PENGENALAN INTERNET

PENGERTIAN :

Internet=interconnected-networking

Internet adalah suatu jaringan antar komputer yang saling dihubungkan. Media penghubung tersebut bisa melalui kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio, sehingga komputer-komputer yang terhuung tersebut dapat saling berkomunikasi. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut, diberikan sebuah nomor yang unik, dan berkomunikasi satu sama lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama. Bahasa komunikasi yang sama ini disebut protokol. Protokol yang digunakan di internet adalah TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ).

Sebagian aktivitas yang dapat ditangani oleh Internet:

1. Sistem pembelajaran jarak jauh

2. Sistem telepon

3. Pencarian Lowongan kerja

4. Transfer Uang.

Sejarah Singkat Internet

Berasal dari ARPANet, suatu proyek yang dimulai dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, suatu percobaan dalm reliable networking (jaringan secara terpercaya) untuk menghubungkan antara DOD dengan kontraktor penelitian militer, termasuk sejumlah besar universitas yang melakukan penelitian dengan dana militer. ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency, cabang dari Defence ( Pertahanan )yang mempunyai kewajiban membagi-bagikan uang grant. Sehingga menjadi DARPA ( Defence-ARPA ). ARPANet mulai dengan 3 komputer kecil yang dikoneksi di California digabungkan dengan satu di Utah, tetapi secara cepat berkembang di seluruh kontinen. Internet ini mulai tumbuh pesat pad dekade 1990.

Cara Mengakses Internet

Ada beberapa cara dalam mengakses internet yaitu pada Warung Internet (WarNet), Sarana Internet pada Perusahaan / Kampus, & dengan cara berlangganan.

Koneksi ke Internet : Pelanggan → ISP → Internet

Mengenal Alamat IP (Internet Protokol)

Alamat IP berupa susunan angka :

a,b,c,d. → dengan masing-masing a,b,c,d berupa sebuah bilangan 0 – 255.

Alamat IP dapat juga dengan melalui nama domain. Contoh : google.co.id

Fasilitas dan Manfaat Internet

  • Word Wide Web (www)

adalah sistem yang menghubungkan antar dokumen hypertext di internet. Melalui web dapat mengakses informasi tidak hanya beruba teks tetapi juga gambar, suara dan film. Untuk mengakes web dibutuhkan software yang disebut Browser. Browser terpopuler saat ini adalah Microsoft Internet Explorer, Nestcape Communicator, Opera dan Mozilla Firefox.internet-exploree

netscape

opera

mozilla

  • Electronic E-mail ( e-mail )

adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui internet. Dengan fasilitas ini , kita bisa mengirim atau menerima surat dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia.

Isi E-Mail :

  • To : menyatakan alamat e-mail
  • Cc : singkatan dari carbon copy, menyatakan alamat e-mail orang lain yang mendapat tembusan surat.
  • Bcc : singkatan dari blind carbon copy, menyatakan orang yang mendapatkan tembusan tetapi yang disebut dalam to tidak mengetahui bahwa alamat e-mail ditembuskan ke orang lain
  • Subject : menyatakan inti dari surat

Penyedia layanan E-mail : Yahoomail,gmail,hotmail,dllgmail-logologo_hotmailyahoo-mail-logo

  • Mailing List ( Milis )

adalah ajang berdiskusi dalam kelompok melalui e-mail. Pengiriman e-mail nya dikirim sekaligus ke sejumlah alamat dengan menggunakan satu alamat umum. Melalui milis kita bisa berdiskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok. Informasi yang ingin di pertukarkan atau didiskusikan dapat di kirimkan dalam bentuk surat Elektronik.

  • TELE NETWORKING ( TELNET )

>>Fasilitas Telnet memungkinkan seseorang menghubungkan dan memakai komputer dari jarak jauh lewat fasilitas telnet ini akan menjadi Komputer kamu seperti sebuah terminal yang mengakses komputer secara langsung.

>>Telnet yang berada pada terminal dapat nerhubungan dengan komputer lain melalui internet. Pengguna terminal dapat mengakses dan bekerja pada komputer yang dihubungi dengan telnet.

telnet

  • FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)

>>Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet. Ribuan situs FTP menawarkan banyak file yang dapat di download. File-file yang dapat di download dapat berupa file-file yang berisi game, foto atau gambar-gambar, peta, artikel-artikel, utility-utility program aplikasi dan yang lainnya. Protokol standar yang digunakan untuk

>>keperluan ini disebut sebagai File Transfer Protocol (FTP).

>>FTP umumnya dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet. FTP juga di manfaatkan untuk melakukan proses upload suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.

  • USER’S NETWORKING

>>Usenet news, atau dikenal juga dengan nama (Net news), atau (news) saja, merupakan sebuah buletin board ( mirip mading di kampus ) yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia yang dapat digunakan untuk bertukar artikel. Siapa saja dapat mengakses Usenet news ini dengan program-program tertentu, yang biasanya disebut newsreader.

>>Usenet sangat efisien dibandingkan dengan mailing list, misalnya, karena satu sistem (misalnya satu sekolah) hanya perlu menyimpan satu berkas dari artikel. Dalam mailing list, setiap peserta masing-masing memiliki berkas tersebut. Sehingga terjadi duplikasi.

>>Akses ke server news dapat dilakukan dengan menggunakan protokol NNTP (Network News Transport Protocol yaitu Protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news.) atau dengan membaca langsung ke direktori dimana artikel berada. Akses ke server news ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan beberapa Web browser (seperti Netscape Communicator dan Microsoft Internet Explorer) .

  • INTERNET RELAY CHAT (IRC)

Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai “chat” saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard.

Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan

singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC

Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC.

Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference).irc
mirc-logo

  • INTERNET PHONE / CONFERENCE

Fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET. Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan hardware multi media, seperti mic dan speaker.

  • WAIS SERVER DAN GOPHER

WAIS Server

WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam INTERNET. WAIS mampu mengakses segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi gambar, video dan suara). WAIS juga merupakan bentuk pelayanan lain untuk mendapatkan informasi yang tersebar didalam Internet. WAIS Server menyimpan database berbagai informasi, dimana untuk mendapatkannya pemakai diminta menspesifikasi keyword (kata kunci) dari informasi yang dibutuhkan. WAIS Server akan menampilkan hasil pencarian dalam sebuah daftar artikel.wais_image_search

Gopher

  • Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang pengguna INTERNET dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas demikian disebut Gopher.
  • Gopher juga merupakan cara penjelajahan Internet yang berbasis menu. Sistem menu yang terdapat didalam gopher sangat sederhana namun bersifat interaktif, artinya apabila pemakai menghubungi gopher lokal misalnya di Jakarta, dengan memilih sebuah menu perintah, dapat pula menghubungi gopher yang terdapat di Amerika Serikat.

MENGAKSES INTERNET

Sebuah komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya melalui suatu jaringan atau yang biasa di sebut dengan Network. Jaringan ini dimulai dari yang sangat sederhana hingga yang paling kompleks. Untuk menghubungkan sebuah Komputer ke dalam jaringan Internet, maka harus menggunakan layanan khusus yang disebut ISP ( Internet Service Provider ).

Di Indonesia banyak Perusahaan-perusahaan pelayanan Jasa Internet (ISP) antara lain ; PT. Telkom, PT. Indosat, IDOLA, Indo.net , Bozz.com dan masih banyak lagi. Nah agar Komputermu bisa terkoneksi internet kamu harus mendaftarkan diri ke ISP sesuai dengan ISP yang ada di kota tempat tinggalmu. Jika ingin mengakses Internet tanpa mendaftar diri terlebih dahulu, bisa menggunakan akses instant yang di sediakan oleh Telkom, sehingga biaya ISP-nya bisa di padukan langsung lewat biaya telepon tersebut. Selain itu, ada teknologi lain yang di tawarkan tanpa dikenakan biaya pulsa telpon, yaitu dengan mengunakan ISP yang menyediakan layanan lewat Wireless ataupun gelombang Radio.

Jenis-jenis Pelayanan Koneksi Internet, yang disediakan ISP yaitu :

Dial Up

Merupakan layanan yang disediakan untuk pengguna yang ingin mengakses melalui kabel telepon, yang didukung oleh modem.

Mobile Access

Merupakan layanan untuk akses Internet yang bisa pengguna dapatkan secara mudah dan praktis melalui telepon selular. Layanan ini bermanfaat bagi yang memiliki perangkat telepon yang mendukung teknologi ini, baik telepon selular yang berbasis GSM maupun berbasis CDMA.

Hotspot

Merupakan layanan bagi pengguna yang membutuhkan koneksi Internet pada lokasi-lokasi tertentu seperti di mall, café atau bandara bahkan kampus pun juga bisa. Pelayanan Hotspot sangat bermanfaat untuk yang bekerja di kota-kota besar.

Wireless

Wireless merupakan layanan internet yang menggunakan teknolog tanpa kabel. Layanan ini mempunyai keuntungan terkoneksinya computer pengguna dengan jaringan global internet 24 jam dalam 7 hari seminggu. Selain itu, biaya yang ditagihkan hanya biaya koneksi internet saja, tidak dengan biaya telepon.

Permalink 2 Komentar

PERTEMUAN 12

Desember 18, 2008 at 2:46 am (Materi PTI)

KOMUNIKASI DATA

PENGERTIAN :

Komunikasi Data adalah suatu himpunan interkoneksi (interconnected) sejumlah komputer autonomous. Komputer Autonomous = komputer yang tidak diketahui siapa pemiliknya. 2 buah komputer dikatakan saling tersambung bila keduanya dapat saling bertukar informasi.

Bentuk hubungannya melalui :

  • Kawat tembaga
  • serat optik
  • gelombang mikro
  • satelit komunikasi

Peranan Telekomunikasi :

  1. ATM
  2. Telekonferensi→hubungan dengan banyak objek
  3. Telecommuniting→suatu komunikasi yang tidak harus dikantor, mengerjakan pekerjaan tidak harus dikantor.
  4. Komputasi Grup Kerja (Workgroup Computing) →benyuk jaringan kerja kantor
  5. EDI (Electronic Data Interchange) →pertukaran data secara elektronik & digunakan untuk bisnis.

Isyarat = signal

Mengenal Jenis Signal

  1. Signal Analog

    Adalah signal yang bersifat kontinyu yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang dengan ciri memiliki amplitudo & frekuensi.Signalnya disebut Signal sinusional.

    Contoh : SW / AM

  2. Signal Digital

    Adalah signal diskret yang tersusun atas 2 keadaan yang disebut BIT yaitu keadaaan 0 dan 1.Signal Diskret = gelombang patah.

    Contoh : FM

Laju Data,dapat dinyatakan dengan :

  • Laju Bit (Bit Rate) → kecepatan Bit perdetik
  • Laju Baud (Baud Rate) → kecepatan data yang melalui kanal komunikasi. Kanal = penyebar transmisi

Spektrum Frekuensi, yaitu suatu isyarat / signal yang menyatakan jangkauan frekuensi yang dikandung oleh isyarat.

Transmisi Serial & Paralel

  1. Transmisi Serial → dimana transmisinya pada setiap waktu hanya 1 bit yang dikirimkan secara bergantian.
  2. Transmisi Paralel → sejumlah bit dikirimkan per waktu.

Konfigurasi Jalur Komunikasi, yaitu cara menghubungkan peranti-peranti yang hendak berkomunikasi.

  • Titik ke titik (Point to point)

    Menghubungkan secara khusus 2 buah peranti yang hendak berkomunikasi yang dapat diterapkan pada 2 buah komputer yang berkomunikasi.

  • Multi titik (Multipoint)

    Hubungan yang memungkinkan sebuah jalur dapat digunakan oleh sejumlah peranti yang berkomunikasi.

Nano Device=perangkat-perangkat yang multifungsi

Arah Transmisi

  1. Simplex, yaitu arah transmisi yang hanya memungkinkan isyarat mengalir 1 arah.
  2. Half-Duplex, yaitu hubungan 2 arah yang hanya dapat dilakukan secara bergantian.→chatting, Walki talki
    walki_talkiwalki_talki

  3. Full-Duplex, yaitu hubungan 2 arah yang dapat dilakukan secara bersamaan.→Hp,telepon.

Mode Transmisi

  1. Transmisi Asinkron (Asynchronous Transmision)

    yaitu mengirimkan data per karakter dengan diawali 1 bit dan di akhiri dengan ½ bit.

  2. Transmisi Sinkron (Synchronous Transmision)

    yaitu mengirimkan data per blok (sejumlah karakter).

Multiplexing

Adalah proses untuk mengirimkan sejumlah isyarat melalui suatu media transmisi & dapat dilakukan dengan teknik :

  1. FDM (Frequency-Division Multiplexing), diterapkan pada media komunikasi yang broadband (jalur-lebar), yaitu media komunikasi yang memungkinkan sejumlah saluran dibentuk.→Speedy (Voice & data dipisah)
    FDMFDM

  2. TDM (Time-Division Multiplexing), digunakan pada media transmisi yang memiliki sifat baseband (jalur-sempit), yaitu media yang hanya memiliki satu jalur.→Dial up/Telkomnet Instant (Voice & data digabung).
    TDMTDM

Media Transmisi

  1. Media Berkabel
  • Kabel pasangan terpilin (Twisted Pair)

    Unshielded Twisted Pair (UTP)=kabel belitan ganda tak berpelindung. Contoh :

    RJ45RJ45

  • Kabel Koaksial (Coaxial Cable / Coax)

    a. Thicknet Coaxial Cable, disebut Kabel 10 base 5

    Thicknet Coaxial CabelThicknet Coaxial Cabel

    thicknet_coaxial_cablethicknet_coaxial_cable

    b. Thinnet Coaxial Cable, disebut Kabel 10 base 2. Merupakan kabel untuk Antena TV

    Thinnet Coaxial CabelThinnet Coaxial Cabel

thinnet-coaxial-cablethinnet-coaxial-cable

  • Kabel Serat Optik (Fiber Optic)

    Keuntungan-keuntungan Fiber Optic :

    – memiliki tingkatan & transmisi data & bandwitch yang tinggi.

    – mimiliki ukuran & berat yang kecil

    – memiliki Degradasi yang rendah (kemungkinan kehilangan data rendah)

    – memiliki keamanan data yang tinggi

    kabel-serat-optikkabel-serat-optik

  1. Media Tak Berkabel
    – Mikro gelombang / Gelombang mikro (Microwave) → gelombang radio yang menggunakan frekuensi tinggi. Biasa disebut dengan Transmisi Garis Pandang. Karena disebabkan antara pengirim & penerima harus dalam garis pandang / garis lurus.

    internet-melalui-microwaveinternet-melalui-microwave

    – Satelit → Jenis Satelit :

    1. GEO (Geostationary Earth Orbit) → ketinggian orbit 23 300 mil di atas permukaan bumi

    2. MEO (Medium Earth Orbit) → ketinggian orbit 6000 mil di atas khatulistiwa

    3. LEO (Low Earth Orbit) → ketinggian orbit 400/1000 mil diatas permukaan bumi.

    internet_melalui_satelitinternet_melalui_satelit

    – Gelombang Radio → digunakan untuk mengirimkan suara & data

    – Inframerah / Infrared → menggunakan gelombang radio Ultra tinggi satuannya mm (mili meter).

Jaringan Komputer (Computer Network)

Manfaat penggunaan jaringan :

  • Berbagi perangkat keras → dapat melakukan Sharing terhadap perangkat keras.
  • Berbagi program atau data
  • Mendukung kecepatan berkomunikasi
  • Memudahkan pengaksesan informasi.

Klasifikasi Jaringan Komputer

Ditinjau dari geografis jaringan dapat dibagi :

  • Local Area Network (LAN) → adalah jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus. Atau jaringan komputer yang mencakup area dalam 1 ruang, 1 gedung atau beberapa gedung yang berdekatan.
    LANLAN

    Menurut tipenya LAN dapat berupa :

    1. Client / Server → perangkat-perangkatnya pada server, servisnya oleh Client

    2. Peer to peer → satu per satu komputer

  • Metropolitan Area Network (MAN) → adalah jaringan komputer yang mencakup area 1 kota dengan rentang sekitar 10-45 km.
    MANMAN

  • Wide Area Network (WAN) → mencakupi daerah geografis yang luas, sebuah negara atau benua.
    WANWAN

Topologi Jaringan

Adalah istilah yang digunakan untuk menguraikan cara dimana komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi Fisik menguraikan layout aktual dari perangkat keras jaringan. Topologi Logika menguraikan perilaku komputer pada jaringan, dari sudut pandang operator manusianya.

  1. Topologi Fisik → kebanyakan jaringan menggunakan salah satu dari 2 jenis topologi fisik, yaitu :
  • Linear BUS → semua simpul dihubungkan melalui kabel yang disebut dengan Bus.
    topologi fisik linear bustopologi fisik linear bus

  • Ring → informasi dikirimkan oleh sebuah komputer & akan melewati 1 komputer ke komputer 1 nya.
    Topologi Fisik RingTopologi Fisik Ring

  • Star → memiliki komponen yang bertindak sebagai pusat pengontrol komunikasi / disebut dengan Concentrator
    Topologi Fisik StarTopologi Fisik Star

Topologi Pohon

Protokol Komunikasi → suatu cara yang digunakan untuk melaksanakan pertukaran data (pesan) antara 2 buah sistem dalam jaringan dengan standar OSI yang ditentukan ISO.

Standar OSI dapat di definisikan dengan 7 lapisan, yaitu :

  1. LAPISAN FISIK → kegunaannya menjamin pengiriman data dalam bentuk deretan Bit melalui media transmisi dari simpul ke simpul lainnya.
  2. LAPISAN DATALINK → kegunaannya mejamin blok data yang mengalir ke lapisan jaringan benar-benar bebas dari kesalahan.
  3. LAPISAN JARINGAN → kegunaannya mengatur rute paket data dari simpul sumber ke simpul tujuan dengan memilihkan jalur-jalur koneksi.
  4. LAPISAN TRANSPORT → kegunaannya menyediakan hubungan yang handal antara 2 buah simpul yang berkomunikasi.
  5. LAPISAN SESI → kegunaannya membentuk, memelihara, & menghentikan koneksi antara 2 buah aplikasi yang sedang berjalan pada simpul -simpul yang berkomunikasi.
  6. LAPISAN PRESENTASI → kegunaannya melakukan pengkonversian pesan.
  7. LAPISAN APLIKASI → kegunaannya menyediakan layanan komunikasi dalam bentuk program aplikasi.
    topologi-pohontopologi-pohon

Interkoneksi Antar Jaringan

Yang menyatakan hubungan antara 2 buah jaringan atau lebih dengan menggunakan peranti-peranti khusus, yaitu :

  • Kartu Penghubung Jaringan (Network Interface Card=NIC)
    NICNIC

  • HUB (Konsentrator)
    HUBHUB

  • Repeater

    Kegunaan Repeater : untuk memulihkan signal yang kurang kuat signalnya. Repeater juga biasa digunakan pada jaringan yang bertopologi BUS untuk memperpanjang jangkauan jaringan.

    sirius-echo-home-repeatersirius-echo-home-repeater

  • Bridge

    Diperlukan jika terdapat 2 buah jaringan yang bertipe sama / yang bertopologi berbeda akan tetapi yaitu menghendaki agar lalu lintas data lokal dari masing-masing jaringan tidak saling mempengaruhi jaringan yang lainnya.

    bridgebridge

  • Router

    Kegunaannya untuk menghubungkan 2 buah jaringan yang berbeda tipe / topologi maupun protokolnya. Router dipakai untuk melindungi jaringan komputer dari pihak luar yang ingin mengakses jaringan.

    cisco-router-2501cisco-router-2501

  • Gateway

    Berfungsi untuk menghubungkan 2 buah jaringan yang memiliki protokol yang berbeda.

    gateway_routergateway_router

Permalink Tinggalkan sebuah Komentar

PERTEMUAN 11

Desember 13, 2008 at 8:27 am (Materi PTI)

BASIS DATA (DATABASE)

PENGERTIAN :

Basis Data adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Sistem Manajemen Basis Data (DataBase Management System, DBMS) yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (Query) basis data. atau sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakaian dalam mengelola basis data.

Sistem DBMS ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis file.

Keuntungan penggunaan DBMS :

  • Independensi Data → suatu data yang tidak bisa mengulang penyimpanannya.
  • Perubahan yang terjadi pada data tidak membuat program harus dirubah.
  • Pengaksesan Yang Efisien terhadap Data
  • Keamana dan Integritas Data
  • Data dikendalikan oleh DBMS → Sehingga data yang diinputkan yang tidak sesuai dengan definisi suatu field akan ditolak.
  • Administrasi Data → pengelolaan data lebih mudah Jika sejumlah pemakai berbagi data (administrasi data terpusat) maka duplikasi/redudansi data dapat diminimalkan.
  • Akses bersamaan & pemulihan terhadap kegagalan → DBMS meyediakan mekanisme data yang sama dapat diakses oleh sejumlah orang dalam waktu yang sama, Jika terjadi kegagalan maka DBMS akan mengembalikan data seperti semula.
  • Waktu Pengembangan Aplikasi Diperpendek → Adanya fasilitas dalam DBMS yang memudahkan dalam membuat aplikasi.

Struktur Database

Karakter, yaitu unit data yang berupa huruf, angka & karakter khusus. Contoh : 0-9, A-Z, a-z, !@#$%^&*()_+| dan lain-lain.

Field, yaitu kumpulan data terkecil yang memiliki tipe & makna yang sama. Contoh : Field tanggal, hanya berisikan data-data tanggal.

Record, yaitu data tersruktur yang mengandung sekumpulan data yang berbeda jenis atau tipe data, sehingga menjadi saling terkait & data yang lengkap.

Table, yaitu kumpulan data yang tesusun menurut aturan tertentu & berhubungan dengan topik tertentu. Misalnya, Table Mahasiswa, Table Nilai.

Database, yaitu kumpulan dari table-table yang saling berinteraksi, sehingga dapat diproses & diguna.

Jenis Database

Menurut Pengaksesan yaitu :

  • Basis Data Individual,

Basis data yang digunakan oleh perseorangan.(mengelola basis data untuk keperluan pribadi) dirancang oleh pribadi.

  • Basis Data Perusahaan,

Basis data yang dapat diakses oleh sejumlah karyawan dalam sebuah perusahaan dalam sebuah lokasi.

Database ditempatkan pada computer server

  • Basis Data Terdistribusi

Basis data yang disimpan pada sejumlah computer yang terletak pada beberapa lokasi.

Contoh : transaksi BANK online.

  • Bank Data Publik.

Basis data yang dapat di akses oleh pubik.

Contoh : database yahoo.com

Basis Data Perusahaan, Basis Data Terdistribusi dan Bank Data Publik. Dirancang oleh Database Administrator (DBA) dan dikelola oleh Data Administrator(DA).

Model Database

Adalah sekelompok konsep terintegrasi yang dipakai untuk menjabarkan data, hubungan antardata, dan kekangan terhadap data untuk menjaga konsistensi.

Terdapat 4 macam model basis data :

1. Model Data Hirarkhis

Model ini dijabarkan dalam bentuk pohon yang terbalik, dalam model ini dikenal istilah orang tua /parent dan anak/child.

Setiap simpul tadi terdapat hubungan bahwa setiap anak anak hanya bisa memiliki satu orang tua dan orang tua dapat memiliki sejumlah anak.

Simpul teratas yang tidak memiliki orangtua disebut akarm-data-hierarkis

2. Model Data Jaringan

Model data ini dibuat untuk mengatasi masalah pada model hirarkis. Bentuknya mnyerupai hirarki tetapi perbedaannya tidak mengenal akar dan Setiap anak bisa memiliki lebih dari satu orang tua.

Model data ini mendukung hubungan M:M (setiap orang tua dapat memiliki sejumlah anak dan setiap anak dapat memiliki sejumlah orangtua)

3. Model Data Relational

Model data relasional menggunakan sekumpulan tabel berdimensi dua (disebut relasi/tabel). Dan masing-masing tabel tersusun atas baris dan kolom.

Dalam model data relational hubungan antara 2 tabel disebut relationship.

Relaltionship : 1 ke1 dan 1 ke M

1 ke 1 → satu data pada tabel berpasangan dengan satu data pada tabel lain.

Contoh : tabel Pegawai dengan tabel Jabatan. 1 pegawai memiliki 1 jabatan

1 ke M → satu data pada tabel berpasangan dengan banyak data pada tabel lainnya

Contoh : tabel Jurusan dan Mahasiswa. 1 jurusan di isi banyak Mahasiwa

m-data-relation

4. Model Data Berbasis Objek.

Model data yang menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek. Model ini mengemas data dan fungsi untuk mengakses data/metode kedalam bentuk objek. DBMS seperti ini disebut dengan Object Oriented Database Manajement System (OODBMS).

Konsep yang diterapkan :

  • Encapsulation : suatu sifat objek tersebut bisa melindungi dari
  • Inheritance : memiliki sifat yang dimiliki dari / faktor keturunan
  • Polimorpism : memilikibanyak sifat

Data Mining

Adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk mengidentifikasi trend / pola yang terdapat pada himpunan data yang sangat banyak dengan sedikit masukan dari pemakai.

Bidang Pemasaran → contoh mengidentifikasi pembelian yang dilakukan konsumen, menemukan hubungan diantara karakteeristik demografi konsumen.

Bidang Bank → contoh mendeteksi pola penyalahgunaan kartu kredit, mengidentifikasi tingkat loyalitas konsumen.

Enterprise Resource Planning

Merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menangani manajemen produksi dalam perusahaan. Menurut Deloitte & Touche ERP sebagai paket sistem perangkat lunak bisnis yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk :

  • Mengotomasikan & mengintegrasikan kebanyakan proses bisnis mereka
  • Berbagi data yang umum & praktis dalam keseluruhan perusahaan
  • Menghasilkan & mengakses informasi di dalam lingkungan waktu nyata.

Data Warehouse

  1. Adalah Basis Data menyimpan data-data sekarang & masa lalu yang berasal dari berbagai sistem operasional & sumber lain (sumber external), yang menjadi perhatian penting bagi manajemen & organisasi & ditujukan untuk keperluan analisis & pelaporan manajemen dalam rangka penganmbilan keputusan.
  2. Masa data yang disimpan berkisan dari 5 – 10 tahun.

Data Mart

Adalah subset dari sebuah organisasi menyimpan data,biasanya berorientasi pada tujuan utama / data subjek, yang dapat didistribusikan untuk mendukung kebutuhan bisnis.

Komponen DBMS Dapat terdiri dari :

1. Kamus Data → Digunakan untuk menyimpan deskripsi data yang digunakan dalam basis data.

2. Utilitas →  Digunakan untuk memudahkan pemakai dalam menciptakan basis data dan tabel serta dalam memanipulasi data.

Contoh dalam MS Access.

3. Pembangkit Laporan →  adalah fasilitas yang disediakan kepadqa pemakai untuk membuat laporan dengan mudah.

4. Pembangkit Aplikasi → Fasilitas yang digunakan untuk membuat tampilan yang digunakan oleh pemakaiyang akan menggunakan aplikasi basis data. (formulir).

5. Pengatur Keamanan Akses → Digunakan untuk mengatur hak akses pemakai

6. Pemulihan Sistem → Digunakan untuk mengembalikan data semula ke basis data sekiranya terjadi kegagalan system.

ERP

ERP(Enterprise Resource Planning) System adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, poduksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

SQL (Structured Query Language)

Bahasa yang digunakan untuk mengakses basis data yang tergolong relasional.

Bahasa SQL tidak hanya tidak hanya digunakan untuk proses query (mengambil data) tetapi juga bisa digunakan untuk menciptakan tabel, menghapus tabel dsb.

SELECT → untuk mengambil data

INSERT → untuk menambahkan data

UPDATE → untuk merubah data

DELETE → untuk menghapus data

CREATE → untuk menciptakan / membuat data

DROP TABLE → untuk menghaous tabel

REVOKE → untuk membuang hak yang telah diberikan

GRANT → hak yang dilarang dengan perintah DENY

Permalink Tinggalkan sebuah Komentar

PETEMUAN 10

Desember 13, 2008 at 7:16 am (Materi PTI)

SOFTWARE KOMPUTER (PERANGKAT LUNAK KOMPUTER)

PENGERTIAN :

Software sebenarnya adalah PROGRAM

Software adalah komponen data yang berupa program-program & teknik-teknik lainnya untuk mengontrol sistem komputer.

Klasifikasi Software

Berdasarkan fungsinya, software terdiri dari :

  1. System Program

Adalah Program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer (CPU, input/output device).Sistem Program sebagai perantara antara program aplikasi & piranti keras (Hardware).

Secara garis besar Sistem Program dibagi menjadi 3 kelompok besar,yaitu :

a. Program Pengendali Sistem, yaitu program yang digunakan sebagai pengendali penggunaan Piranti Keras (Hardware), Piranti Lunak (Software) & data-data selama program pengendali sistem berjalan.

Contoh : Sistem Operasi (Operating System).

b. Program Pendukung Sistem, yaitu program yang berguna sebagai pendukung operasi komputer,manajemen penggunaan komputer serta menyediakan berbagai pelayanan komputer.

Contoh : Utility Program, pemantau Kinerja Sistem & Pemantau Keamanan Sistem
program-performance-systemprogram-performance-system

c. Program Pengembangan Sistem, yaitu program yang berguna untuk membuat / mengembangkan program sistem.

Contoh : Interpreter & Compiler

2.    Application Program

Adalah Program yang digunakan oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik.

Secara garis besar Application Program dibagi menjadi 2 kelompok,yaitu :

a. Program Aplikasi Serbaguna, yaitu program yang penggunaannya ditujukan untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat umum. Seperti pembuatan dokumen (Word Processing), pengiriman surat elektronik (E-Mail), persentasi (Persentation Program) & lain-lain. Program Aplikasi Serbaguna ini biasa disebut dengan End-User Software.

b. Program Aplikasi Spesifik, yaitu program yang penggunaannya ditujukan untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat spesifik yaitu Automatic Teller Machiner (ATM), Deac Easy Accounting (DEA), MYOB, Image Processing.

I. SISTEM OPERASI

Sistem operasi (operating system) adalah kumpulan program yang mengontrol & mengatur seluruh kegiatan prosesing dalam sistem komputer (mengendalikan sistem komputer).

Berdasarkan fungsinya, Sistem Operasi terdiri dari 3 bagian yaitu :

a) Control Program = management berupa pengendalian terhadap data masukan / keluaran,pengalokasian dalam piranti penyimpanan sekunder maupun dalam memory utama.

b) Processing Program = management yang mencakupi penyiapan,penjadwalan / pemantauan proses pada komputer.

windowstaskmanager1Task Manager

c) Source Management = pengendalian terhadap pemakaian sumber daya sistem yang dilakukan oleh program sistem management.

Macam – macam OS (Sistem Operasi) :

1. DOS

DOS (disk operating system) merupakan sebutan pendek dari MS-DOS (Microsoft disk operating system). Pada awalnya MS-DOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk IBM, yang digunakan pada PC IBM.

DOS adalah sistem operasi 16 bit yang tidak mendukung banyak pengguna (multiuser) dan multitasking.

DOS dirilis pada tahun 1982.

Ms. DOSMs. DOS

2. OS/2

OS/2 adalah sistem operasi untuk PC yang awalnya di kembangkan oleh Microsoft dan IBM, tetapi kemudian dijual dan dikelola oleh IBM. OS/2 kompatibel dengan DOS dan WINDOWS. Meski demikian, program yang ditulis secara khusus untuk dijalankan pada OS/2 tidak dapat dijalankan pada DOS atau WINDOWS.

OS/2 kurang populer di Indonesia.

OS/2OS/2

3. Macintosh

dibuat oleh Apple computer. Macintosh yang diliris pada tahun 1984 mempunyai fitur graphical user interface (GUI) yang memanfaatkan window, icon, dan mouse untuk memudahkan penggunaan komputer.

Karena GUI merupakan bagian dari sistem operasi, maka semua aplikasi yang dijalankan pada komputer Macintosh mempunyai antarmuka yang mirip. Hal ini memudahkan pengguna mempelajari aplikasi baru.

MacintoshMacintosh

4. UNIX

UNIX adalah sistem operasi yang mendukung multi-user dan multitasking yang dikembangkan di Bell Labs pada awal tahun 1970-an. UNIX adalah salah satu sistem operasi pertama yang ditulis dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi,yaitu C.

Bell Labs mendistribusikan sistem opersi ini dengan kode sumbernya sehingga dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan yang khusus. Pada akhir tahun 1970-an terdapat banyak versi UNIX.

Dua macam UNIX di pasaran:

  1. di produksi oleh AT&T yang dikenal dengan System V
  2. dikembangkan oleh Barkeley University dan dikenal dengan BSD4.x (x=1, 2, 3).

Versi lain UNIX yang populer dan dapat dijalankan pada mikroprosesor Intel adalah FreeBSD.

UnixUnix

5. LINUX

Linux adalah implementasi sistem operasi UNIX yang didistribusikan dengan gratis dan open source. Linux kompatibel dengan berbagai platform hardware, termasuk mikroprosesor Intel dan Motorola.

Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds. Karena bisa dedapatkan dengan gratis dan dapat berjalan pada banyak platform, termasuk PC dan Macintosh, Linux menjadi sangat populer.

Di Linux dikembangkan oleh banyak Distro antara lain : Redhat Linux, Mandriva Linux, Fedora Core, Open Suse, Ubuntu dll.

LinuxLinuxMandrivasolarisubunturedhat

6. WINDOWS

sistem operasi windows dikembanngkan oleh Microsoft dan digunakan oleh sebagian besar PC didunia. Windows menyediakan grafhical user interface (GUI), manajemen memory virtual, dan mendukung banyak piranti periferal.

Keluarga sistem operasi windows diantaranya adalah windows 3.x. windows 95, windows 98, windows NT (1993), windows 2000, 2003 dan yang terbaru windows 2008, (2001) adalah windows XP dan yang terbaru Windows Vista.

WindowsWindows

Windows VistaWindows Vista

II. BAHASA PEMROGRAMAN

PENGERTIAN :

PROGRAM =deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer.Program dibuat menggunakan Bahasa Pemrograman.

Bahasa Pemrograman adalah kumpulan intruksi yang digunakan untuk mengatur perangkat keras komputer agar melaksanakan tindakan tertentu.Tindakan penulisan program disebut dengan Pemrograman. Kumpulan aturan dalam suatu bahasa disebut Syntax.

Klasifikasi Bahasa Pemrograman

1.     Generasi Pertama

Bahasa yang berorientasi pada mesin. Program disusun menggunakan bahasa mesin/kode mesin.

Bahasa Mesin = bahasa tingkat rendah yang hanya dipahami oleh komputer.

Bahasa mesin ini sangat sulit dipahami oleh orang awam sehingga programmer harus menguasai operasi komputer secara teknis.

Contoh : 1011 0100 0000 0010 = B402 →Muatlah bilangan 2 ke register AH.

2.     Generasi Kedua

Bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan / Assembly.

Bahasa Assembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan instruksi yang sama seperti pada bahasa mesin, tetapi instruksi dan variable yang digunakan mempunyai nama sehingga mempermudah proses pemrograman.

Karena tidak lagi menggunakan deretan kode biner untuk melakukan pemrograman.

Contoh : MOV AH, 02→ Muatlah bilangan2 ke register AH.

3.     Generasi Ketiga

Bahasa pemrograman yang menggunakan pendekatan prosedural.Programmer harus menuliskan secara rinci intruksi-intruksi agar komputer melaksanakan tugasnya.

Instruksi program ditulis menggunakan kata-kata yang biasa digunakan oleh manusia. Contoh : WRITE (untuk menampilkan kelayar), READ (untuk membaca data masukan dari keyboard).

Supaya komputer mengerti segala sesuatu yang diperintahkan program, maka dibutuhkan Translator.

Bahasa pada generasi ini disebut juga Bahasa beraras tinggi / High Level Language.

Contoh bahasa pemrogaman :P ASCAL, FORTRAN, C, COBOL, BASIC dll.

4.     Generasi keempat

Merupakan Bahasa Non-Prosedural.

Bahasa pemrograman Generasi Ke-4 dirancang untuk mengurangi waktu pemrogram untuk membuat program sehingga pembuatan program dibuat dengan waktu lebih cepat, produktifitas meningkat dan efisien.

Bahasa generasi ke-4 disebut juga Very High Level Language / Problem Oriented Language (bahasa yang berorientasi pada masalah) karena memungkinkan pemakai menyelesaikan masalah dengan sedikit penulisan kode pemrograman dibandingkan dengan bahasa prosedural.

Fasilitas yang tersedia :

  • Program Generator (untuk membuat aplikasi mudah).
  • Report Generator (untuk membuat laporan dengan mudah dan cepat)
  • Bahasa Query (SQL).

Dengan adanya fasilitas ini programmer sedikit dalam menuliskan kode instruksi.

Contoh Bahasa Generasi ke-4: Oracle, Informix, Sybase, Microsoft Access dsb.

5.     Generasi Ke Lima

Merupakan bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau AI.

AI adalah disiplin dari ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia.

Contoh :

  • Pemrosesan Bahasa Alami = mengatur komputer agar bisa berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa manusia.
  • Aplikasi Sistem Pakar = program komputer yang dapat menghasilkan pemikiran yang setara dengan seorang pakar.
  • Pengendali Robotika dengan sensor mata.

Contoh Bahasa Pemrograman : PROLOG (PROgramming en LOGique) dan LISP (LISt Programming).

Tingkatan Bahasa Pemrograman

1. Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)

Bahasa yang menggunakan bahasa mendekati bahasa mesin

Contoh : bahasa Assembly dan bahasa mesin.

2. Bahasa Tingkat Menengah (Middle Level Language)

Menyatakan kelompok bahasa yang berorientasi pada mesin akan tetapi menggunakan bahasa manusia.

Contoh : Bahasa C

3. Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)

Menyatakan kelompok bahasa yang berorientasi kepada manusia.

Contoh : C++, C#, Java.

Bahasa Pemrograman tingkat Tinggi terdiri dari 2 kelompok Bahasa :

1.     Procedure Oriented Programming (Berorientasi Pada Prosedur)

Yaitu pemecahan masalah pada prosedur kerja dalam satu unit kerja yang disebut Fungsi.

  • Scientific/Science (Masalah Ilmiah) = digunakan untuk memecahkan persoalan matematik/ alamiah.

Contoh : PASCAL, FORTRAN, BASIC

  • Bussiness = digunakan untuk masalah bisnis

Contoh : Cobol, PL/1.

2.     Problem Oriented Programming (Berorientasi pada Masalah)

Contoh : RPG (Report Program Generator)

III. UTILITAS

Program yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem.

Contoh : Format Disk, Scandisk, Disk Defragmenter, Anti Virus dll.

scandiskscandisk

disk-defragmenterdisk-defragmenter

AVG anti-virusAVG anti-virus

IV. DEVICE DRIVER

Program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peripheral Hardware yang di pasang pada sistem komputer. Biasanya vendor/perusahaan pembuat hardware menyertakan program ini pada setiap produknya. Contoh : Device Manager

device managerdevice manager

V. TRANSLATOR

Digunakan untuk mengubah program dengan bahasa manusia ke kode objek. kode program yang ditulis menggunakan bahasa tingkat tinggi belum dapat di jalankan oleh komputer, agar dapat dijalankan kode program tersebut harus di terjemahkan terlebih dahulu menjadi kode mesin. Penerjemah bahasa tingkat tinggi menjadi bahasa mesin ada 2 macam yaitu :

  • Compiler

Merupakan penerjemahan keseluruhan kode sumber menjadi kode biner, yang selanjutnya dieksekusi oleh mesin / komputer.Dalam Bahasa Pascal setelah Code Program dikompilasi akan membentuk file objek yaitu file EXE (executable) yang langsung dapat dieksekusi/dijalankan

Kode Program → Compiler → File .EXE.

  • Interpreter

Program yang menerjemahkan per satu instruksi dalam kode sumber, sehingga menjadi lama. Contoh : Bahasa BASIC

VI. PENGELOMPOKAN SOFTWARE

Berdasarkan Cara mendapatkannya dan hak pemakaianya, SOFTWARE digolongkan :

  • Komersial (Proprietary Software)

Perangkat lunak yang dijual secara komersil. Ketika menginstal software ini harus membelinya terlebih dahulu. Karena software ini memiliki hak cipta, sehingga tanpa membeli software ini berarti pengguna melakukan pembajakan.

Contoh : Micrsoft Office, Sistem Operasi Windows.

  • Domain-Publik

Perangkat lunak gratis dan tidak ada hak ciptanya. Sehingga siapa saja boleh mengembangkan software ini dan bahkan bisa membuat hak cipta dari software ini.

Software ini biasanya disertai kode program sehingga siapapun bisa merubah kode program ini.

  • Shareware

Perangkat lunak tanpa kode program dan biasanya dapat digunakan oleh pemakai pada periode tertentu secara gratis tujuannya untuk dievaluasi.

Ketika periode masa penggunaan habis maka jika ingin menggunakan software tersebut maka harus membeli lisensinya.

  • Freeware

Perangkat lunak tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa pun tanpa perlu membayarnya.

Alasan pembuatan software ini :

sebagai penarik pengguna untuk membeli versi selanjutnya, menyediakan aplikasi gratis tanpa perlu membeli software komersial,  & meminta tanggapan pemakai untuk pengembangan selanjutnya

  • Rental Ware

Perangkat lunak yang digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara membayar sewa.

  • Free Software

Perangkat lunak yang dilengkapi kode sumber/ kode program, dapat digunakan oleh siapapun dan bebas untuk dikembangkan sendiri (sepanjang lisensi memperkenankan). Biasanya software ini gratis atau bayar tetapi dengan harga yang relatif murah.

Contoh : Sistem Operasi Linux.

  • Open Source

Sama dengan Free Software tetapi berbeda filosofi.Pertama kali  dicanangkan oleh Erik Raymond pada tahun 1998, yang dimaksudkan untuk menghilangkan makna “FREE” yang memiliki pengertian & makna yang bermacam-macam.

Antar Muka Pemakai → yaitu bentuk interaksi antara pemakai & komputer yang dapat berupa :

1.     Command Driven

Digunakan oleh sistem Operasi generasi pertama. Pada antar muka ini, untuk memrintah komputer pengguna mengetikan sendiri perintah yang dikehendaki pada prompt shell.

2.     GUI (Graphical User Interface)

GUI merupakan antar muka berbentuk grafik yang tujuan nya memudahkan penguna untuk mengunakan komputer. GUI mengandalkan piranti mouse untuk melaksanakan perintah yang dikemas dalam bentuk ikon dan menu.

Perangkat Lunak Aplikasi dapat digolongkan menjadi :

  1. Hiburan = game, multimedia(winamp).
  2. Pendidikan = kamus, ensiklopedia
  3. Produktifitas Kerja = Word Processor, Spreadsheet, Presentasi, Komunikasi.
  4. Bisnis = software khusus untuk bisnis. misal : POS (Point of Sale) yang ada di mall-mall.
  5. Khusus

Software Suite → yaitu kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Contoh : Microsoft Office, Lotus Smartsuite, Star Office.

Permalink 1 Komentar

PERTEMUAN 9

Desember 3, 2008 at 11:54 pm (Materi PTI)

HARDWARE KOMPUTER (Perangkat Keras Komputer)

Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem

1. Keyboard

Adalah papan ketik yang berisi tombol huruf,angka,& tombol khusus lainnya.keyboard

2. Mouse

MOUSE BOLA

Mouse menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut. tipe ini kemudian melahirkan mouse tipeTrackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990 mouse-bola

mouse-bola-2

MOUSE OPTIKAL

Mouse jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse. Mouse optikal pertama hanya dapat digunakan pada alas (mousepad) khusus yang berwarna metalik bergaris-garis biru–abu-abu.Mouse optikal saat ini dapat digunakan hampir di semua permukaan padat dan rata, kecuali permukaan yang memantulkan cahaya. Mouse optikal saat ini bekerja dengan menggunakan sensor optik yang menggunakan LED sebagai sumber penerangan untuk mengambil beribu-ribu frame gambar selama mouse bergerak. Perubahan dari frame-frame gambar tersebut diterjemahkan oleh chip khusus menjadi posisi X dan Y yang kemudian dikirim ke komputer.     43

3.Joystick

Adalah alat yang dapat menggerakan suatu gambar / kursor tertentu dalam layar tertentu.6

4. Digitizer

Media yang sering digunakan dalam perancangan yang memerlukan akurasi tinggi.

5. Scanner

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.5

6. OCR(Optical Character Recognation)

Hanya untuk data berupa teks saja.

7. Light Pen

Untuk memasukan data dalam bentuk grafik ke dalam komputer dengan cara melukiskan pena pada suatu media.light-pen

8. Bar Code Reader

Pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang dijual di toko-toko swalayan.bar-code1

9. Smart Card

Adalah komputer berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip yang mengandung processor,RAM,ROM,& biasa digunakan untuk menyimpan data pasien,data nasabah.smart-card-new1

Output Device yaitu piranti keluaran.Input Device  dibagi menjadi 2 yaitu : SOFTCOPY & HARDCOPY

1) SOFTCOPY

# MONITOR

Berdasarkan teknologi yang digunakan,Monitor ada 2 yaitu :

>>CRT (Chatode Ray Tube) atau Tabung Sinar Katodacrt

>>LCD (Liquid Crystal Display)lcd

Berdasarkan jenisnya,Monitor ada 3 yaitu :

>>Monitor Digital

>>Monitor Analog

>>Monitor VGA

# SPEAKERspeaker

FLAT PANEL DISPLAY

Merupakan display (tampilan) yang menggunakan LCD.LCD tersebut tidak mengeluarkan sinar seperti pada CRT. Flat  Panel Display selain menggunakan LCD ada juga yang menggunakan campuran gas Neon & Argon yang diisikan diantara lempengan kaca pipih berbentuk layar.

2) HARDCOPY

# PRINTER

Dikelompokan menjadi :

>>Impact Printer (Dengan Ketukan)

a) Daisy Wheel Printerds-w2ds-w1

b) Dot Matrix Printerdm-p

c) Thimble Printer

d) Chain Printerchain-printer1chain-printer-2

e) Band Printerband-printer

f) Drum Printerdrum-printer

>>Non-Impact Printer (Tanpa Ketukan)

a) Ink Jet Printerink-jet

b) Laser Printerlaser

c) Thermal Printerthermal-printer

d) Thermal Transferthermal-transfer

e) Electrostatic Transferelectrostatic-transfer

f) Plotterlotter

Input/Output Device

# Modem : mengubah sinyal analog menjadi digital & sebaliknya.modem

# Console (Terminal) : alat komunikasi antara operator dengan komputer sehingga merupakan alat (Device) yang melakukan fungsi input & output.

# Card Reader : alat yang membantu kartu Plong (Punch Card). Kombinasi lubang pada kartu diartikan oleh Card Reader sebagai suatu simbol yang dimengerti komputer.card-reader

# Disk Drive : penggerak untuk pemakaian media floppy disk (disket) sebagai memory external.disket

# Tape Dive : hampir sama dengan disk drive,tetapi untuk media Tape.tape-drive

# D- Drive (CD Rom) : penggerak untuk pemakaian media Compact Disk (CD).cd-rom

# CD-ReadWriter (CD-ReWriter) : alat membaca & menulis pada Compast Disk.cd-rewriter

# CPU (Central Processor Unit)  : merupakan jantung dari pada komputer, yang mana merupakan pusat pengolahan serta pusat pengontrolan dari keseluruhan system komputer yang sedang melaksanakan pekerjaannya.cpu

Bagian-bagian dari CPU :

>>Arithmetic & LOgical Unit (ALU)=adalah bagian yang melaksanakan operasi perhitungan & logika.

>>Control Unit/Section=adalah bagian yang bertugas untuk mengontrol & mengkoordinir keseluruhan sistem komputer dalam melakukan pengolahan data, seperti mengontrol cara kerja input & output devices,pelaksanaan tugas ALU.

>>Memori / Storage=merupakan alat penyimpanan data.Memory / Storage Unit adalah tempat menampung / tempat menyimpan data / program yang merupakan suatu ELECTRONIC FILING CABINET (Hardwere) dalam suatu sistem komputer.

Istilah yang terdapat dalam memori :

a) Dari Kebutuhannya

Primary memory device=pemakaiannya suatu keharusan (RAM,ROM,Harddisk).

Secondary memory device=bersifat tambahan saja (Flashdisk).

b) Dari letaknya

Internal memory device=dalam prosesor ( ROM,ROM).

Eksternal memory device=luar prosesor (Disk,Tape).

c) Dari isi memory

Permanent memory device=isi tetap jika listrik mati (Disk,Tape ROM).

Non-Permanent memory device=isi berubah jika listrik mati (RAM).

Permalink Tinggalkan sebuah Komentar

// // <![CDATA[
/* = 0) {Q=getSelection();}else {if(window.getSelection)Q=window.getSelection().toString();else if(document.selection)Q=document.selection.createRange().text;else Q=document.getSelection().toString();}} else {location.href=’http://agencybispak.wordpress.com/wp-admin/post-new.php?text=’+encodeURIComponent(Q.toString())+’&popupurl=’+encodeURIComponent(location.href)+’&popuptitle=’+encodeURIComponent(document.title);}}
function toggle_query_list() { var querylist = document.getElementById( ‘querylist’ );if( querylist.style.display == ‘block’ ) {querylist.style.display=’none’;} else {querylist.style.display=’block’;}}

jQuery( function() {
(function(jq){jq.fn.hoverIntent=function(f,g){var cfg={sensitivity:7,interval:100,timeout:0};cfg=jq.extend(cfg,g?{over:f,out:g}:f);var cX,cY,pX,pY;var track=function(ev){cX=ev.pageX;cY=ev.pageY;};var compare=function(ev,ob){ob.hoverIntent_t=clearTimeout(ob.hoverIntent_t);if((Math.abs(pX-cX)+Math.abs(pY-cY))-1);jqjq.hideSuperfishUl();if(o.jqpath.length&&jqjq.parents([‘li.’,o.hoverClass].join(”)).lengtha:first-child’,this));}).not(‘.’+c.bcClass).hideSuperfishUl();var jqa=jq(‘a’,this);jqa.each(function(i){var jqli=jqa.eq(i).parents(‘li’);jqa.eq(i).focus(function(){over.call(jqli);}).blur(function(){out.call(jqli);});});o.onInit.call(this);}).each(function(){var menuClasses=[c.menuClass];if(sf.op.dropShadows&&!(jq.browser.msie&&jq.browser.version6&&o.dropShadows&&o.animation.opacity!=undefined) this.toggleClass(sf.c.shadowClass+’-off’);};sf.c={bcClass:’sf-breadcrumb’,menuClass:’sf-js-enabled’,anchorClass:’sf-with-ul’,arrowClass:’sf-sub-indicator’,shadowClass:’sf-shadow’};sf.defaults={hoverClass:’sfHover’,pathClass:’overideThisToUse’,pathLevels:1,delay:600,animation:{opacity:’show’},speed:100,autoArrows:false,dropShadows:false,disableHI:false,onInit:function(){},onBeforeShow:function(){},onShow:function(){},onHide:function(){}};jq.fn.extend({hideSuperfishUl:function(){var o=sf.op,not=(o.retainPath===true)?o.jqpath:”;o.retainPath=false;var jqul=jq([‘li.’,o.hoverClass].join(”),this).add(this).not(not).removeClass(o.hoverClass).find(‘>ul’).hide().css(‘visibility’,’hidden’);o.onHide.call(jqul);return this;},showSuperfishUl:function(){var o=sf.op,sh=sf.c.shadowClass+’-off’,jqul=this.addClass(o.hoverClass).find(‘>ul:hidden’).css(‘visibility’,’visible’);sf.IE7fix.call(jqul);o.onBeforeShow.call(jqul);jqul.animate(o.animation,o.speed,function(){sf.IE7fix.call(jqul);o.onShow.call(jqul);});return this;}});})(jQuery);

jQuery( ‘#wpcombar li.ab-my-account, #wpcombar li.ab-bloginfo’ ).mouseover( function() {
if ( jQuery(this).hasClass( ‘ab-my-account’ ) ) jQuery(‘#wpcombar li.ab-me > a’).addClass(‘hover’);
if ( jQuery(this).hasClass( ‘ab-bloginfo’ ) ) jQuery(‘#wpcombar li.ab-blog > a’).addClass(‘hover’);
});

jQuery( ‘#wpcombar li.ab-my-account, #wpcombar li.ab-bloginfo’ ).mouseout( function() {
if ( jQuery(this).hasClass( ‘ab-my-account’ ) ) jQuery(‘#wpcombar li.ab-me > a’).removeClass(‘hover’);
if ( jQuery(this).hasClass( ‘ab-bloginfo’ ) ) jQuery(‘#wpcombar li.ab-blog > a’).removeClass(‘hover’);
});

jQuery( ‘#wpcombar ul ul li a’ ).mouseover( function() {
var root = jQuery(this).parents(‘div.quicklinks ul > li’);
var par = jQuery(this).parent();
var children = par.children(‘ul’);
if ( root.hasClass(‘ab-sadmin’) )
jQuery(children[0]).css(‘right’,par.parents(‘ul’).width() – 1 +’px’ );
else
jQuery(children[0]).css(‘left’,par.parents(‘ul’).width() +’px’ );

jQuery(children[0]).css(‘top’, ‘0’ );
});

if ( window.location.hash ) window.scrollBy(0,-32);

});

jQuery( function() {
jQuery(‘#wpcombar’).appendTo(‘body’);
jQuery(“#wpcombar ul”).superfish();
});

/* */
// ]]>//

// <![CDATA[
/* a’).live( ‘click’, function() {
return false;
});

jQuery(‘#wpcombar .ab-subscribe-to-blog a’).live( ‘click’, function() {
var link = jQuery(this);
var parent_li = link.parents(‘li.ab-subscribe’);
var parent_a = parent_li.children(‘a:first’);

if ( parent_li.hasClass(‘subscribed’) ) return false;
link.html(‘Subscribing…’);
parent_a.addClass(‘loading’);

setTimeout( function() {
parent_a.removeClass(‘loading’);
parent_li.addClass(‘subscribed’);
parent_a.children(‘span’).prepend(‘[x]‘);
parent_a.children(‘strong’).hide().fadeIn(200);
link.parent().removeClass(‘ab-subscribe-to-blog’);
link.parent().addClass(‘ab-unsubscribe-from-blog’);
link.html(‘Unsubscribe from Blog’);
}, 750 );

var nonce = link.attr(‘href’).split(‘_wpnonce=’);
nonce = nonce[1];

jQuery.post( ‘http://agunghernowo.wordpress.com/wp-admin/admin-ajax.php&#8217;, {
‘action’: ‘ab_subscribe_to_blog’,
‘cookie’: encodeURIComponent(document.cookie),
‘_wpnonce’: nonce,
‘blog_url’: ‘agunghernowo.wordpress.com’
},
function(response) {});

return false;
});

jQuery(‘#wpcombar .ab-unsubscribe-from-blog a’).live( ‘click’, function() {
var link = jQuery(this);
var parent_li = link.parents(‘li.ab-subscribe’);
var parent_a = parent_li.children(‘a:first’);

link.html(‘Unsubscribing…’);
jQuery(‘li.ab-subscribe a span strong’).remove();
parent_a.addClass(‘loading’);

setTimeout( function() {
parent_a.removeClass(‘loading’);
parent_li.removeClass(‘subscribed’);
link.parent().removeClass(‘subscribed’);
link.removeClass(‘subscribed’);
link.parent().removeClass(‘ab-unsubscribe-from-blog’);
link.parent().addClass(‘ab-subscribe-to-blog’);
link.html(‘Subscribe to Blog’);
}, 750 );

var nonce = link.attr(‘href’).split(‘_wpnonce=’);
nonce = nonce[1];

jQuery.post( ‘http://agunghernowo.wordpress.com/wp-admin/admin-ajax.php&#8217;, {
‘action’: ‘ab_unsubscribe_from_blog’,
‘cookie’: encodeURIComponent(document.cookie),
‘_wpnonce’: nonce,
‘blog_url’: ‘agunghernowo.wordpress.com’
},
function(response) {});

return false;
});
});
/* */
// ]]> //

//

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s