bisnis percetakan

Perlengkapan Desain Grafis untuk Percetakan

Desain Grafis 

Bila diantara Anda ada yang tertarik untuk memulai dan menekuni bisnis/usaha di bidang desain grafis atau jasa setting komputer untuk percetakan, maka alangkah baiknya jika Anda mengetahui “perlengkapan minimal apa saja” yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha tersebut.

Untuk perlengkapan desain grafis atau setting komputer, sebenarnya telah saya sebutkan di artikel yang berjudul Contoh Keterkaitan Hobi dengan Ide Usaha, tetapi di artikel tersebut saya hanya menyebutkan sekilas saja tanpa pembahasan yang lebih luas. Untuk itu, maka di artikel ini saya akan mengulasnya lagi dengan pembahasan yang lebih terperinci.

Untuk memulai serta menekuni usaha desain grafis atau setting komputer, maka perlengkapan desain grafis “minimal” yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

1. Komputer

Untuk perangkat komputer, sebaiknya dipersiapkan spesifikasi yang mendukung pekerjaan-pekerjaan untuk desain grafis, dan jangan lupa juga.. harus tersedia sebuah CD-ROM/RW atau DVD-ROM/RW untuk membaca data dari kepingan CD maupun untuk memburning (membakar/menyimpan) data hasil desain ke dalam sebuah kepingan CD atau kepingan DVD.

2. Perangkat Lunak (Software)

Sebenarnya untuk masing-masing sistem operasi (operating system), tentu mempunyai software aplikasi desain grafis yang berbeda-beda, tetapi di dunia percetakan, pada umumnya masih menggunakan Windows sebagai sistem operasinya. Maka dikarenakan hal tersebut, software desain grafis yang biasa dipergunakan adalah CorelDraw serta Adobe Photoshop. Sedangkan software aplikasi seperti Macromedia FreeHand, Adobe page maker, dan sebagainya, bisa ditambahkan sebagai software pelengkap aplikasi desain grafis lainnya.

3. Scanner

Scanner juga tidak kalah penting, karena tanpa scanner kita tidak bisa meniru gambar dengan bentuk dan ukuran gambar yang sama persis dengan contoh gambar desain yang telah ada. Dengan scanner, kita bisa memasukkan sebuah contoh desain ke dalamnya untuk discan, dan hasil scan tersebut bisa diolah/ditiru oleh aplikasi desain grafis untuk dibuat menjadi sebuah naskah desain yang baru.

4. Printer

Printer yang harus dimiliki oleh seseorang yang bergerak di usaha desain grafis untuk percetakan itu harus bisa mencetak naskah dengan warna hitam pekat maupun berwarna. Biasanya seorang desainer grafis, minimal harus mempunyai:

  • Laser Printer berwarna hitam: untuk mencetak/memprinting naskah desain ke atas kertas HVS maupun kertas kalkir.
  • Inkjet Printer berwarna: untuk mencetak/memprinting contoh naskah desain atau pun mengerjakan cetakan jadi secara langsung.

5. Kertas

  • HVS (cukup 70 gsm). Pilihlah merk kertas yang memiliki hasil cetak yang rapih dan membuat tinta tidak meluber, karena bisa berpengaruh kepada hasil cetakan. Hasil cetak dengan kertas HVS ini digunakan jika pelat cetak yang akan digunakan di mesin cetak adalah plat kertas/paper plate.
  • Kertas kalkir. Hasil cetak dari printer ke kertas kalkir diperlukan bila plate yang akan digunakan ke mesin cetak adalah plat aluminium/aluminium plate. Dan biasanya hasil cetak kalkir ini lebih baik dari hasil cetak di kertas sehingga berpengaruh juga ke kualitas hasil proses selanjutnya. Tetapi tentu saja tidak sebaik hasil cetak dengan menggunakan film.
  • Glossy paper, dan kertas lainnya (sebagai pelengkap, serta tidak menjadi keharusan)

6. Kepingan CD (Compact Disc)

Kepingan CD kosong perlu disediakan sebagai tempat untuk menyimpan data hasil desain, karena belum tentu konsumen yang datang membawa sebuah kepingan CD atau sebuah flshdisk dan sebagainya, untuk menyimpan data hasil desain tersebut.

7. Penggaris (Mistar)

Untuk membuat ukuran desain sesuai dengan contoh yang telah ada/jadi, tentu saja penggaris diperlukan untuk mengukur contoh yang telah ada/jadi tersebut, untuk kemudian ukurannya disesuaikan pada desain di komputer. Penggaris yang digunakan sebaiknya terbuat dari logam, karena penggaris tersebut sewaktu-waktu diperlukan pada saat pemotongan kertas.

8. Pisau Pemotong Kertas (Cutter)

Terkadang sebuah cutter diperlukan juga oleh seorang desainer grafis untuk memotong kertas hasil desain.

9. Plastik

Plastik diperlukan sebagai kemasan/tempat untuk menyimpan kertas yang berisi naskah hasil desain, supaya terlindungi dari kusut, debu, kotoran, dan sebagainya. Ukuran plastik disesuaikan (lebih besar sedikit dari kertas).

Nah.., mungkin inilah yang bisa saya sampaikan. Selamat mencoba, dan semoga berguna serta bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s